21.02


Multimedia

A.    Pengertian Multimedia

Multimedia diambil dari kata multi dan media. Multi berarti banyak dan media berarti media atau perantara. Multimedia adalah gabungan dari beberapa unsur yaitu teks, grafik, suara, video dan animasi yang menghasilkan presentasi yang menakjubkan. Multimedia juga mempunyai komunikasi interaktif yang tinggi. Bagi pengguna komputer multimedia dapat diartikan sebagai informasi komputer yang dapat disajikan melalui audio atau video, teks, grafik dan animasi

B.     Kategori Multimedia

a.       Multimedia content production
Multimedia adalah penggunaan dan pemrosesan beberapa media (text, audio, graphics, animation, video, and interactivity) yang berbeda untuk menyampaikan informasi atau menghasilkan produk multimedia (music, video, film, game, entertaiment, dll).
b.      Multimedia communication
Multimedia adalah menggunakan media (masa), seperti televisi, radio, cetak, dan Internet, untuk mempublikasikan/menyiarkan/mengkomunikasikan material advertising, publicity, entertaiment, news, education, dll.

C.     Sejarah Multimedia
a.       Istilah multimedia berawal dari teater, bukan computer. Pertunjukan yang memanfaatkan lebih dari satu medium seringkali disebut pertunjukan multimedia.
b.      Sistem multimedia dimulai pada akhir 1980-an dengan diperkenalkannya Hypercard oleh Apple pada tahun 1987 dan pengumuman oleh IBM pada tahun 1989 mengenai perangkat lunak audio visual connection(AVC) dan video adhapter card ps/2
c.       Pada tahun 1994 diperkerkirakan ada lebih dari 700 produk dan sistem multimedia dipasaran.
d.      Multimedia memungkinkan pemakai komputer untuk mendapatkan output dalam bentuk yang jauh lebih kaya dari pada media table dan grafik konvensional. pemakai dapat melihat gambar tiga dimensi, foto, video bergerak atau animasi dan mendengar suara stereo, perekaman suara atau alat musik.
e.       Beberapa sistem multimedia bersifat interaktif, memungkinkan pemakai memilih output dengan mouse atau kemampuan layar sentuh untuk mendapatkan dan menjalankan aplikasi itu.




D.    Komponen Multimedia
Menurut James A. Senn, multimedia terbagi dalam beberapa element-element multimedia, seperti yang rerlihat dalam gambar dibawah ini
a.       Teks
Teks dapat membentuk kata, surat atau narasi dalam multimedia yang menyajikan bahasa. Kebutuhan teks bergantung kepada penggunaan aplikasi multimedia.
b.      Image (grafik)
Alasan untuk menggunakan gambar dalam presentasi atau publikasi multimedia adalah karena lebih menarik perhatian dan dapat mengurangi kebosanan dibandingkan dengan teks. Gambar dapat meringkas menyajikan data yang kompleks dengan cara yang baru dan lebih berguna. Gambar juga dapat berfungsi sebagai ikon, yang bila dipadukan dengan teks, merupakan opsi yang bisa dipilih.
c.       Bunyi (audio)
PC multimedia tanpa bunyi hanya disebut unimedia, bukan multimedia. Bunyi dapat ditambahkan dalam multimedia melalui suara, musik dan efek-efek suara. Seperti halnya grafis, dapat membeli ataupun menciptakan sendiri.
d.      Video
Video menyediakan sumberdaya yang kaya dan hidup bagi aplikasi multimedia.
e.       Animasi
f.       Dalam multimedia, animasi merupakan penggunaan komputer untuk menciptakan gerak pada layer.
g.      Virtual Reality
Virtual reality merupakan penggunaan multimedia untuk penerapan secara langsung


Rehat Sejenak…
Yuk kita lihat Jurusan Multimedia di SMK Pasundan 3 Bandung. Jurusan Multimedia yang berada di Jalan Sumatera 41 ini berdiri sejak 8 tahun 2005 atau sekitar 8 tahun yang lalu. Nilai “A” yang didapatkan dari akreditasi sepantasnya dapat menciptakan siswa-siswi yang kreatif. Oleh karena itu, kualitas guru dan siswa itu sendiri sangat berpengaruh terhadap kualitas lulusan sekolah tersebut.
Multimedia memiliki beberapa unsur  yang berbeda, begitu pula siswa Multimedia SMK Pasundan 3. Mereka memiliki berbagai karakter yang berbeda sesuai hobi dan minat mereka. Ada yang senang design, dapat ditandai ketika dia ke mana-mana membawa kertas gambar dan alat tulis lainnya. Para pecinta desain 3 dimensi, sepertinya mereka membuat desain rumahnya masing-masing di software 3D. Sedangkan para pecinta fotografi terutama yang mempunyai kamera, ke mana-mana membawa kameranya terutama ketika ada suatu kejadian tertentu mereka langsung memotretnya (termasuk memotret temannya yang sedang galau Ujikom). Ada juga siswa yang misterius, terlihat biasa namun mempunyai kemampuan yang luar biasa.
Dengan perbedaan karakter yang dimiliki, mereka dapat membuat suatu kesatuan produk yang luar biasa.. :)


0 komentar:

Posting Komentar